sos

.

Pages

Selasa, 30 Oktober 2012

Vega ZR

Ditengah perang motor Matic sedang berlangsung antara motor-motor Jepang di Indonesia, Yamaha tidak mau lupa daratan. Pasar motor bebek mereka cukup menjanjikan sehingga mereka juga harus berbenah dengan produk yang ada. Salah satunya adalah Yamaha Vega ZR. Motor bebek evolusi dari Vega Z ini memiliki pasar yang cukup baik dan menjanjikan. Oleh karena prospek positif itulah, Yamaha memanjakan pecinta Vega ZR dengan desain baru dan tampilan segar.

Vega ZR 2012
Dilaunching awal 2009, motor ini sudah mencuri perhatian publik dengan striping segar dan performa yang menjanjikan. Beberapa pengamat mengatakan bahwa meskipun didesain sporty namun konsep yang ditawarkan adalah motor bebek yang nyaman dikendarai. Dengan postur lebih tinggi membuat Vega ZR nyaman dikendarai. Hal ini tidak luput dari desain ergonomi antara jok, pedal dan stang yang membuat posisi duduk menjadi santai. Headlamp dan lampu sein diletakan secara harmonis dan sporty. Meski lampu belakang masih terkesan biasa. Selanjutnya adalah desain cluster meter yang menyajikan tripmeter, speedometer, pengukur bahan bakar serta informasi lampu. Meski masih analog, tampilan cukup minimalis tapi tetap mudah terbaca walaupun dalam keadaan gelap. Untuk tahun 2012 diadakan penyegaran desain dengan mengusung warna putih dipadu striping merah sebagai pemanis penampilannya. Hal ini untuk semakin menarik target konsumen Vega ZR yaitu para kawula muda yang berjiwa sporti dan dinamis.

Untuk soal mesin rasanya Yamaha sudah membuktikan bahwa racikan motornya selalu selangkah didepan dibanding kompetitornya, dalam hal ini motor bebek. Bermesin 113 cc SOHC, 2 valve dan 4 tak mampu menghasilkan tenaga 6 KW atau 4,5 HP pada 7.500 rpm. Beberapa test driver mengaku cukup puas dengan performa di tarikan bawah sampai tengah. Namun pada track lurus dengan kecepatan antara 80 – 90 Km/jam mesin dirasa bergetar dan kurang bertenaga. Namun pendapat ini bisa saja berubah jika mesin telah diuji melewati beberapa ratus kilometer. Beberapa pemilik mengatakan, setelah mesin terbiasa tarikan Vega ZR menjadi enteng dan putaran atas dirasa cukup bertenaga. Pada kecepatan rendah menengah, motor ini dirasa sangat nyaman untuk diajak bermanuver. Tarikannya pas dan lincah. Pas sekali untuk kendaraan di kota-kota besar yang rawan macet. Bermanuver menyalip dan menyelip diantara kemacetan rasanya bukan hal sulit bagi motor ini. Kelemahan kembali ditemukan saat melaju di track lurus. Motor terasa limbung saat digeber 80-90 Km/jam. Mungkin karena berat motor yang hanya 47 Kg menyebabkan motor kurang stabil. Meskipun begitu, tingkat penjualan Vega ZR cukup baik.


SPEC MESIN 

Tipe Mesin:
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara

Jumlah / Posisi Silinder:
Cylinder Tunggal / Mendatar

Volume Silinder:
113,7 cc

Diameter x Langkah:
50,0 × 57,9 mm

Perbandingan Kompresi:
9,3 :

Daya Maksimum:
6.0 kW / 7500rpm

Torsi Maksimum:
8,3 Nm / 4500rpm

Sistem Starter:
Electric Starter dan Kick Starter

Sistem Pelumasan:
Basah

Kapasitas Oli Mesin:
Total : 1 Liter / Penggantian Berkala : 0,8 Liter

Sistim Bahan Bakar:
Karburator VM17SH x 1

Tipe Kopling:
Basah, Kopling Sentrifugal, Multiplat

Tipe Transmisi:
Seesaw, 4 Kecepatan

Pola Pengoperasian Transmisi:
N-1-2-3-4






Harga
Vega ZR : Rp 12.110.000,-
Vega ZR DB : Rp 12.690.000,-
Harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa ada pemberitahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar